Sabtu, 07 Mei 2011

cara merawat kucing


kucingSehebat-hebatnya kita merawat kucing pasti adalah suatu hal yang membuat kucing kita akhirnya jatuh sakit. Walaupun kita bisa saja meminimalkan tapi terkadang kucing masih saja terkena penyakit kucing.

Salah satu poin utama dalam merawat kucing adalah mengetahui kapan mereka sakit. Yaitu dengan melihat tanda-tanda kucing yang sakit. Tanda-tanda ini sama untuk kucing apapun seperti kucing persia,kucing anggora atau jenis kucing lainnya dan juga sama rata baik itu kucing muda atau kucing yang tua.

Berikut ciri-ciri kucing sedang sakit :
  1. Kelelahan dan lesu
  2. Menggelengkan kepala secara berlebihan
  3. Selera menurun ataupun bahkan meningkat secara mencolok
  4. Juga mengkonsumsi air secara berlebihan
  5. Adanya cairan abnormal yang keluar dari lubang-lubang di tubuh contohlah mata kucing, hidung, telinga dsb.
  6. Sulit membuang kotoran
  7. Berat badan dapat naik ataupun menurun dengan mencolok
  8. Menjadi lebih agresif dan hiperaktif
  9. Berjalan pincang, bahkan sulit untuk berdiri
  10. Ada bagian-bagian tubuh kucing yang membengkak
Anda menemukan salah satu ciri-ciri kucing sakit diatas. Segera periksakan ke dokter atau minimal tanyakan ke dokter "apakah kucing sakit atau tidakdapat mempengaruhi kesehatan kucing".Karena dengan mengetahui tanda-tanda cara merawat kucing yang paling baik.



Cara merawat kucing yang baik sebenarnya mudah yaitu dengan selalu mengikuti update terbaru dari info kucing. Contohnya adalah selalu mengikuti artikel kucing(rekomendasi) ini atau merawat kucing (Promosi).

Berikut beberapa tips dalam merawat kucing :
Tentu saja cara merawat kucing diatas masih sedikit. Masih banyak yang harus diketahui oleh para cat lover jika ingin merawat kucing dengan baik. Tapi sebenarnya menurut saya kunci utama dalam cara merawat kucing adalah kasih sayang.

Karena dengan kasih sayang otomatis, maka kita akan terus belajar dan belajar tentang bagaimana cara merawat kucing yang baik.

Apakah cara merawat kucing itu sulit? Tidak! asal kita mau pasti bisa. Kadang-kadang karena kita tidak tahu saja hingga itu terasa sulit. Tapi jika kita sudah mengetahuinya. Maka metode apapun dalam merawat kucing bisa kita makan lahap dengan cepat.




  • Makanan yang diberikan adalah pakan khusus kucing yang sudah direkomendasikan mempunyai gizi lengkap sehingga kondisi kesehatannya terjamin.
  • Takaran pemberian makanan disesuaikan kebutuhan kucing diusahakan sekali makan akan habis sehingga pakan yang diberikan selalu berganti (kondisinya dalam keadaan baru).
  • Hindari obesitas (kegemukan) dengan cara takaran makan pas dengan kebutuhannya.
  • Pilih makanan kering karena praktis dan butiran butiran keringnya membantu membersihkan gigi kucing
  • Jika kucing sudah terbiasa mengkonsumsi makanan basah, usahakan 1 x pemberian pakan pas takaran dan sisa yang masih ada di kaleng disimpan di lemari es dan saat memberikan makan lagi dihangatkan atau dikeluarkan sebentar dari lemari es sehingga makanan kembali seperti kondisi semula.
  • Tempat pakan kucing harus selalu bersih, sisa makanan (terutama basah) langsung dibuang dan berikan makanan pada jam-jam tertentu untuk membiasakan kucing mengetahui jadwal makannya dan apabila kucing tidak ditempatkan didalam kandang berikan makan di sudut/tempat tertentu (jangan dipindah-pindah) untuk membiasakan kucing mengetahui secara otomatis tempat makanannya diletakkan.
  • Sediakan cukup air minum (air masak/aqua) dikandang atau ditempat lainnya (bisa di dekat tempat makannya), meskipun kucing sedikit minum akan tetapi tetap memerlukan persediaan minum.
  • Berikan tempat tidur yang nyaman, apabila memungkinkan yang terbuat dari rotan (bahan luarnya) sehingga dapat digunakan untuk mengasah kuku (untuk menghindari menggaruk sofa atau perabotan rumah tangga lainnya)
  • Kotak kotoran harus di isi cat litter (pasir kucing) yang banyak dijual di pet shop/super market gunakan yang mempunyai daya serap tinggi sehingga dapat menyerap kencing dengan cepat. Segera buang kotoran kucing (BAB) sesegera mungkin dan ganti pasir kucing yang sudah berisi kencing 2 x sehari (pagi, sore).
  • Mandikan kucing paling sedikit 3 x dalam 1 bulan atau dapat juga 1 minggu sekali dengan menggunakan shampoo kucing yang ber Ph rendah dan lakukanlah penyisiran bulu setiap hari agar bulu yang rontok tidak akan terjilat yang menyebabkan kucing akan muntah karena tertelan bulu atau jika tidak bulu2 kucing yang tertelan akan mengganggu sistem pencernaannya.
  • Lakukan vaksinasi sesuai umur dan kebutuhan juga periksakan kesehatan kucing secara rutin ke dokter hewan terdekat.
  • Segera periksakan ke dokter hewan apabila kucing memperlihatkan tanda2 awal terserang sakit, seperti : tidak mempunyai nafsu makan/nafsu makan berkurang, pilek/keluar ingus, BAB lembek/tidak normal.
:) . untuk refresh bahasan kali ini tentang Tipe Kucing Suka Menggigit, sekalian aq mau bahas tentang tips-tips menjinakkan kucing yg suka mengigit. Temen2 pasti heran koq kucing bisa menggigit (menggigit manusia),,,hahhh??? Emang ada kucing bisa menggigit (kek anjing aja)??? Yup memang ada! Sy mengalaminya! Tp ini berlaku utk tipe kucing turunan ras kucing kampong atau mix kucing kampung. Sebulan lalu aq adopsi anak kucing mix kucing kampung…kupelihara sejak umurnya sebulan…ketika menginjak umur 2 bulan…waahhhh…tuh kucing nakaaal bgt! Dan parahnya dia suka menggigit n galak spt anjing! Namanya “Cupid cipud” lucu,tp klo mau di elus malah menggigit. Nah kali ini aq akn coba bantu temen2 yg juga ngalamin punya kucing yg suka menggigit. Kalau kucingnya masih kecil akan lbh gampang untuk membiasakan dan melatihnya agar gak mengigit lagi. Salah satunya dengan cara kasih mainan2 yg bisa untuk digigitnya, juga biasakan didalam kandang. Dengan mainan2 bisa membuat kucing yg suka menggigit akan lebih jarang menggigit, dia akan lebih asyik mengigit mainannya. Kalau dikandangin itu untuk melatihnya agar lebih tenang dan anteng agar pada saat dilepas tidak lari mengejar kita atau orang lain. Untuk  mengajari kucing yg suka mengigit kita harus ekstra sabar,karena memang tidak mudah dan butuh waktu yg lama tergantung cara kita memperlakukannya sehari2. Untuk kucing yg sudah remaja atw dewasa akan lebih sulit lg untuk kita latih tidak mengigit,tp semuanya bisa kita kurangi dengan biasakan si kucing dikandangin dan berikan mainan2 yg bisa untuk digigitnya. Lama2 juga kebiasaan menggigitnya akan berkurang dan akan lebih tenang. Hmm…smoga dengan tips2 yang aq berikan ini bisa sedikit membantu temen2 semuanya. Jadi jangan pernah menyerah untuk melakukan hal yg terbaik pada kucing2 kesayangan kita :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar